Menertawakan Negeri Sendiri

on Minggu, 27 November 2011


Alangkah Lucunya (Negeri Ini) (Citra Sinema, 2010)
Sutradara             : Deddy Mizwar
Penulis                : Musfar Yasin
Pemain                : Reza Rahadian, Deddy Mizwar, Slamet Rahardjo, Jaja Mihardja, Tio Pakusadewo,          Asrul Dahlan, Ratu Tika Bravani, Rina Hasyim, Sakurta Ginting, Sonia 

Lulus S1 sebagai Master Management tidak membuat Muluk (Reza Rahardian) mudah dalam mendapatkan kerja. 2 tahun dia menganggur karena usaha untuk melamar kerja selalu gagal. Namun dia tidak menyerah dan terus berusaha. Hingga suatu saat Muluk memergoki kawanan anak-anak yang berprofesi sebagai pencopet di pasar. Dia bertemu dengan Komet (Angga) dan dibawa ke markas para pencopet. Muluk bertemu dengan  anak-anak seumuran komet yang juga menjadi pecopet dan bos mereka Jarot (Tio Pakusadewo). Muluk yang pengangguran pun mengajukan kerjasama pada mereka untuk mengelola keuangan mereka dengan imbalan 10% penghasilan copet mereka. Muluk yang
mulai terlihat sibuk harus berbohong pada bapaknya dan semua orang bahwa dia telah dapat kerja pada bagian pengembangan SDM. Muluk pun mulai merasakan keuntungan dari usahanya tersebut,  namun suatu saat terbesitlah dalam pikirannya untuk merubah anak-anak pencopet itu agar dapat mencari kerja dengan cara yang halal. Maka Muluk pun mendatangkan 2 orang temanya Pipit (Ratu Tika Bravani) untuk mengajarkan agama dan Samsul (Asrul Dahlan) untuk mengajarkan kewarganegaraan. Dapatkah Muluk dan 2 orang temanya itu mendidik anak-anak tersebut agar mencari rejeki dengan cara halal ?? Apakah kebohongan Muluk akan terbongkar ?
Disutradarai Deddy Mizwar, film drama komedi ini mengambil naskah dari Musfar Yasin (Ketika, Kiamat Sudah Dekat) menceritakan berbagai masalah sosial yang ada di negeri kita. Mulai dari bagaimana susahnya mencari kerja, anak-anak yang terlantar bahkan harus menjadi pencopet untuk bisa makan, hingga para pejabat yang korupsi.



Bersetting di lingkungan rakyat kecil dan kehidupannya yang susah, tersirat bahwa film ini banyak mengkritik pemerintahan negeri ini. Banyaknya masalah pemerintahan terlebih sekali adalah korupsi yang membuat kehidupan rakyat-rakyat kecil tambah susah. Terlihat juga di film ini anak-anak yang harusnya bersekolah malah bekerja, jadi pencopet lagi. Begitu berat beban hidup padahal merupakan tugas pemerintah untuk mengayomi mereka.
Alur ceritanya dibuat tidak membosankan dengan adanya adegan-adegan dan percakapan yang lucu, namun perlu diingat kejadian itu terdapat pada negeri kita sendiri, singkatnya kita malah seperti menertawakan negeri sendiri. Akting para pemeran juga sangat baik. Mereka dapat menjiwai tiap peran sehingga terlihat begitu real.
Bagi yang suka film yang tidak begitu serius dan mengangkan film ini patut dimasukkan ke dalam list film yang akan ditonton. Selain unsur komedi yang menghibur juga terdapat banyak sekali pelajaran moral, sosial dan religinya.

0 komentar:

Posting Komentar