9 (Nine) The Movie : Saat Manusia Dimusnahkan Mesin

on Selasa, 06 Desember 2011
SutradaraShane Acker
ProdusenTim Burton
Timur Bekmambetov
Jim Lemley
Dana Ginsburg
Jinko Gotoh
CeritaShane Acker
Ben Gluck 
Pengisi  suaraElijah Wood
John C. Reilly
Jennifer Connelly
Christopher Plummer
Crispin Glover
Martin Landau
Fred Tatasciore
MusikDanny Elfman
Deborah Lurie
StudioRelativity Media
Starz Animation
Tim Burton Productions
RilisSeptember 9, 2009
Durasi80 Menit




   Di masa depan, tak ada lagi umat manusia yang hidup, bumi telah hancur dan gersang, yang ada hanyalah sisa-sisa dari peperangan antara umat manuisia dan mesin. Semua itu adalah ulah dari seorang pemimpin yang diktator, dia mengambil mesin hasil rekayasa ilmuwan yang dapat melakukan berbagai hal, bahkan mesin itu dapat membuat mesin lain dengan segala bahan yang ada. Namun akhirnya mesin itu lepas kendali sehingga peperangan pun antara manusia pun tak dapat terelakkan. Namun sebelum umat manusia punah, sang ilmuwan memindahkan jiwanya ke dalam sebuah boneka dengan alat buatannya. Boneka itu diberi nama 9 (nine), saat dia terjaga tidak ada hal yang dia ingat, lalu dimulailah perjalanannya mencari kebenaran yang terjadi pada dunia pun dimulai.
   Film ini termasuk film yang unik, hanya menggunakan satu karakter untuk judulnya, tanggal perilisannya pun dilakukan tanggal 09-09-2009 dengan biaya $9,99. Dengan animasi yang memukau film ini tidak membuat jenuh, efek-efeknya pun sangat bagus. Sound effect-nya pun sangat mendukung adegan-adegan yang ada. Mulai dari adegan biasa, adegan menyelinap, hingga adegan pertempuran output suaranya sangat bagus. 
   Alur flash back pada film ini membuat penonton menjadi penasaran tentang sebenarnya apa yang terjadi dan mulai menerka-nerka kejadian di masa lalu. Bagaimana tidak, film ini dimulai adegan seorang ilmuwan menjahit sebuah boneka dan melakukan ritual kepadanya,namun penonton akan mulai mengerti bagaimana kondisi pada film seiring dengan berjalannya film. Salah satu hal yang menarik adalah bagaimana penceritaan tentang masa lalu dilakukan oleh boneka kembar melalui proyeksi di matanya.Endingnya pun juga bukan ending yang bahagia, meski berhasil mengalahkan mesin induk yang menciptakan mesin lain, 9 kehilangan banyak teman. Bagaimana nasib 9 selanjutnya pun juga tidak jelas, hanya diperlihatkan bahwa 9 dan beberapa temannya akan memulai hidup yang baru.
   Sebuah film spektakuler dari Shane Acker ini masuk dalam nominasi film-film terbaik, contohnya pada Annie Awards kategori efek animasi terbaik dan desain produksi terbaik, Producers Guild of America Awards, Visual Effects Society Awards, san Washington D.C. Area Film Critics Association kategori animasi terbaik. Begitu banyaknya pencapaiannya tentu berbanding lurus dengan kualitasnya. Jadi bagi anda yang butuh hiburan dengan menonton film, film 9 ini dapat menjadi alternatifnya.

2 komentar:

Brantas Pranata Nusa mengatakan...

si number 7 yang pegang tombak, keren tuh!
si number 8 yang pegang great sword juga keren!
karakternya bagus, tapi ceritanya bagus engga lacking ato stuck. meskipun endingnya sedikit kurang memuaskan...

I_R_Fun mengatakan...

Iya, sayangnya yang number 9 bukan muncul sebagai sosok petarung . . .

Posting Komentar