Olah Otak dengan Portal 2

on Senin, 12 Desember 2011


PC MINIMUM System Requirements
• Operating System: Windows 7 / Vista / XP
(Any version of Vista and Windows 7 will work, 32 or 64-bit)
• Processor: 3 GHz Intel Pentium 4, 2.0 GHz Intel Dual Core, AMD Athlon64 X2 OR better
• RAM: 1 GB XP / 2 GB Vista, Windows 7
• Video/Graphics: 128 MB+ ATI Radeon X800, nVidia GeForce 7600, Intel HD Graphics 2000 OR better
• Video card special: DirectX 9.0c compatible AND Shader model 2.0b OR better
• Sound: DirectX 9.0c compatible sound card
• Hard Drive: 7.6 GB free space

Kebanyakan orang mengenal permainan ber-genre first person shooter  atau yang disingkat dengan fps sebagai game yang bertema tentang peperangan, menggunakan berbagai macam senjata yang canggih dan banyak musuh di medan perang. Namun bagaimana bila saya merekomendasikan game first person dengan tema yang berbeda ?
Saya perkenalkan kepada sobat sekalian game bergenre fps plus dengan genre puzzle, namanya adalah Portal. Kali ini saya akan membahas tentang seri kedua nya, yaitu Portal 2. Game ini diproduksi oleh Valve Corp. yang
sebelumnya telah merilis seri game Half-Life yang sama-sama bergenre fps. Di dalam gamenya tersebut juga terdapat beberapa puzzle yang harus dipecahkan untuk melanjutkan perjalanan sang tokoh, namun bedanya dengan game fps pada umumnya game dari Valve ini tidak memberikan indikator atau petunjuk arah kemana karakter kita harus melakukan perjalanan, alias kita harus cermat dan harus teliti, bisa saja petunjuk jalan terdapat pada percakapan antar karakter dalam game tersebut dan pemecahan puzzle yang tricky juga harus benar-benar menggunakan logika.

Pada Portal 2 ini kita menggerakan karakter bernama Chell Johnson. Ceritanya Chell ini seperti dikarantina dan terbangun dari tidurnya yang bertahun-tahun. Chell ini kemudian dituntun oleh sebuah robot berbentuk bola bernama Wheatley. Di tengah jalan Chell menemukan alat yang dapat membuka portal (pintu dimensi) pada dinding berpermukaan tertentu. 
Chell dan Portal Gun


Dengan alat tersebut Chell dapat membuka 2 buah portal, dengan masuk ke salah satu portal maka Chell akan keluar dari portal yang lain. 


Kurang lebih seperti ini penggunaanya.


Tetapi petualangan Chell yang masuk ke dalam sebuah indurstri bernama Aperture, Chell diuji dengan dihadapkan pada berbagai ruangan dengan puzzle dan hanya dapat dipecahkan dengan senjata portal tersebut. Dapatkah Chell selamat dalam melalui ruang-ruangan tersebut ? Apakah yang akan ditemuinya saat menyelesaikan semua teka-teki tersebut ?




Sebuah game menarik disaat yang dapat ditemui hanya game fps yang bertemakan peperangan, game ini memberikan tema yang berbeda. Tingkat puzzlenya pun semakin rumit bila kita memasuki ruangan dengan level lebih tinggi dan yang perlu digaris bawahi bahwa puzzle-puzzle tersebut juga tricky, so siap-siap untuk mengolah otak. Seperti yang saya sebutkan di awal bahwa game ini tidak menggunakan indikator atau penunjuk arah tujuan, jadi pasang telinga baik-baik di setiap percakapan, lumayan juga kan kita juga bisa belajar bahasa inggris sekalian, apabila memang sangat sulit subtitles juga dapat diaktifkan untuk membantu. Untuk grafik dan sound effect-nya anda tidak akan merasa kecewa karena game ini sudah mendapat rating 10 untuk sound dan 9,0 untuk grafis dari Imagine Games Network (IGN), dan untuk keseluruhan mendapatkan nilai 9,5. Jadi tidak ada salahnya untuk mencoba mendapatkan hal yang baru dan menantang pikiran anda.


5 komentar:

wordqwordmu mengatakan...

punya masternya gak gan???

I_R_Fun mengatakan...

So pasti punya . . .
Dah nyoba main 2 hari ini . . .

wordqwordmu mengatakan...

minta dong fan...

I_R_Fun mengatakan...

Boleh-boleh . . .
Besok ae pas KI . . .

Adi Cipta Erlangga mengatakan...

Overall dah bagus sip2...
Visit my blog too, Ok?

Posting Komentar