Learn Speak at Public

on Selasa, 20 Desember 2011
   Pada Jum'at 16 Desember 2011 yang lalu mata kuliah Keterampilan Interpersonale (KI) kembali mengadakan kuliah tamu untuk kedua kalinya. Bila sebelumnya membahas tentang menulis populer, kali ini tema yang dibahas yaitu Public Speaking. Narasumber yang didatangkan adalah seoran Sarjana Teknik dari Jurusan Desain produk bernama Dista Nugraha dan Sarjana Komunikasi bernama Ulin Rastiti. Mereka berdua bekerja pada salah satu stasiun radio terkenal di Surabaya, yaitu Color Radio Surabaya. Karena bekerja pada stasiun radio, tentu kecakapan mereka dalam berkomunikasi di depan sangat baik.

   Materi pertama disampaikan dengan baik oleh mas Dista, materi tersebut berjudul Comunication Skill dimana kemampuan ini dibutuhkan oleh setiap orang. Tanpa kemampuan berkomunikasi tentu kita tentu tidak bisa menyampaikan apa yang ada dalam pikiran kita, pemikiran tersebut hanya akan terpendam dalam kepala kita sendiri.

   Comunication is everything,
tanpa komunikasi kita akan menjadi orang yang ketinggalan inforamasi. Bila ketinggalan informasi, maka tentu ilmu yang kita miliki juga ketinggalan. Bila ilmu yang kita ketinggalan, tentu kita tidak bisa menjadi orang yang berada di depan.


   Dalam berkomunikasi itu sendiri terdapat unsur-unsur penting sebagai berikut :


  1. Komunikator, alias pihak yang menyampaikan informasi
  2. Komunikan, berperan sebagai penerima informasi
  3. Pesan atau informasi itu sendiri
  4. Media yang digunakan dalam berkmunikasi
  5. Feedback atau respon dari penerima informas

   Dilanjutkan materi kedua berjudul Public Speaking yang tentunya diberikan oleh mbak Ulin. Pada sesi kedua ini diterangkan bagaimana berkomunikasi dengan baik di depan orang banyak sehingga kita dapat menjadi pusat perhatian dan para pendengar tidak merasa bosan.
   
   Dalam sesi ini juga diberi tahu tentang hal-hal apa saja yang dapat menjadi penghambat dalam public speaking itu sendiri, seperti : tidak memahami betul materi yang akan disampaikan, kurang pengendalian diri, vocal yang kurang jelas, dan lain-lain.

   Pada pelaksanaan kuliah tamu ini para mahasiswa baru terlihat memiliki semangat dan juga dapat memberikan respon yang baik dalam kuliah tamu kali ini. Diharapkan nantinya kemampuan para mahasiswa ini dalam hal public speaking dapat meningkat.



0 komentar:

Posting Komentar