Ponsel kalian semua sudah ketinggalan jaman

on Jumat, 16 Desember 2011

Teman-teman sekaliam pasti tahu bahwa jaman sekarang ini jaman yang telah maju, jamannya IT istilahku. Yang akan saya sorot kali ini adalah sebuah teknologi buatan manusia yang digunakan untuk berkomunikasi kapan saja (kalo emang ada waktu) dan dimana saja (kalo ada sinyal). Ya, yang akan saya bahas sekarang ini adalah alat yang disebut sebagai mobile phone atau hand phone (hp) atau yang dinaturalisasikan ke dalam bahasa Indonesia disebut dengan telpon genggam atau ponsel.

Masih ingatkah teman-teman dengan ponsel pertama kalian ? Ponsel dengan layar monokrom dan biasanya digunakan untuk telponan atau smsan, untuk mendengar ringtone midi atau pun bermain snack atau space impact. Hhaha, kalo mengingat hal itu kita harus bersyukur karena bila kalian ketahui ponsel generasi pertama lebih gede dan cuma bisa buat nelpon.


Kira-kira seperti di atas lah gambaran perkembangan ponsel, tetepi ya memang masih belum sampai dengan perkembangan ponsel saat ini.

Namun dibalik berkembangnya teknologi ponsel, apakah kalian menyadari perkembangan ponsel saat ini terlalu cepat ?? Mungkin kalian merasa baru membeli ponsel terbaru dengan teknologi terkini, namun satu atau dua bulan kemudian anda mendapati ponsel terbaru dengan perbedaan teknologi terlalu signifikan pada ponsel barusan teman beli, misalnya anda membeli smart phone dengan prosessor 1GHz, dua bulan kemudian keluar ponsel baru dengan prosessor 1GHz juga. Loh, bedanya apa ?? Bedanya ponsel yang baru keluar tersebut memakai dual core alias dua buah porsessor. Bila beberapa bulan lalu anda sudah bangga dengan ponsel berkamera 5MP, sekarang ponsel bahkan sudah gencarnya berkamera 8MP bahkan 12 MP. Bila beberapa bulan lalu kalian bangga dengan smart phone berlayar AMOLED dan Gorilla Glass, sekarang layar ponsel bahkan bisa menampilkan gambar 3D. Hal ini tentu dapat membuat kepuasan pada ponsel yang kita beli tersebut menurun.

Hal lain lagi yang membuat jengkel yaitu harga jual ponsel jadi cepat menurun. Kenapa tidak ? Bila bulan ini keluar ponsel terbaru dan bulan depan keluar ponsel yang lebih canggih lagi, mau tidak mau harganya harus diturunkan agar minat konsumen tidak jatuh. Hal ini juga terjadi pada konsumen, mereka yang baru saja membeli ponsel, harga jual kembali ponselnya itu dapat jatuh drastis dalam beberapa bulan. Hal ini saya alami tahun lalu di saat memilah-milah ponsel dengan harga minim dan kualitas bagus. Akhirnya saya menemukan ponsel seharga Rp. 950.000 yang dengan dukungan jaringan HSDPA dan dapat melakukan video call. Ponsel ini sudah tergolong canggih dan murah saat itu. Namun hanya beberapa bulan harga jual ponsel itu turun menjadi Rp. 750.000.  :-S

Bagaimana dengan teman-teman semua ?? Apakah ponsel kalian mengalami nasib yang sama ?

1 komentar:

Brantas Pranata Nusa mengatakan...

ngikutin HP ga ada abisnya, dilemma

Posting Komentar