Patriotkah anda ?

on Selasa, 06 Desember 2011


Apakah yang terlintas dalam pikiran anda bila mendengar kata patriot ? Seorang yang bermental kuat, pantang menyerah dengan semangat yang berkobar-kobar membela negara tanah airnya ? Itu merupakan arti sebuah patriot pada zaman dahulu, zaman di saat peperangan antar negara berkibar. Namun keadaan dunia sekarang telah berubah, zaman sekarang bukanlah zaman yang dikelilingi suasana kacaunya peperangan. Jaman sekarang telah maju, peperangan pun dicegah agar tidak terjadi. Lalu apakah tidak ada lagi patriot di zaman ini ?
Memang mungkin tidak ada apabila pengertian patriot tidak mengalami perubahan di zaman yang serba berubah ini. Pada zaman yang maju ini seorang patriot tidak lagi mereka yang berjibaku di medan perang meninggalkan keluarganya dan mempertaruhkan nyawa. Patriot di zaman ini adalah seseorang yang peduli dan memikirkan lingkungan sekitarnya, mereka yang setia berkorban untuk dapat memecahkan masalah dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.
Memang jauh berbeda dibandingkan dengan patriot zaman dulu, mereka tidak perlu lagi berjuang di medan perang dengan mempertaruhkan nyawa, mereka berjuang di lingkungan masyarakat biasa namun berbagai macam permasalahan. Tetapi sangat disayangkan dengan semakin ringannya resiko dan semakin banyaknya jumlah manusia, jumlah patriot ini malah berkurang. Kebanyakan orang hanya sibuk dengan urusannya sendiri. Mereka tidak akan bertindak sebelum suatu permasalahan berdampak buruk bagi dirinya. Mereka tidak akan bertindak apabila tidak ada keuntungannya.
Sungguh miris bila menyadari keadaan yang terjadi tersebut. Namun bukan berarti tidak ada orang yang layak dianggap sebagai patriot sekarang ini, walaupun jumlahnya sedikit namun karena itulah nilai mereka semakin berharga. Mereka menjadi semakin dicari dan dibutuhkan dalam masyarakat.
Sebagai mahasiswa tentu kita saling mengetahui peranan kita dalam masyarakat kurang lebih hampir sama dengan pengertian patriot zaman sekarang. Lalu apakah setiap mahasiswa diharapkan menjadi seorang patriot ? Tentu, karena di tangan mahasiswalah kelanjutan bangsa ini. Apabila mereka tidak menjadi patriot di lingkungan di sekitarnya, bagaimana bisa ia menjadi patriot di lingkungan yang lebih luas. Walaupun begitu juga sedikit mahasiswa yang memiliki bibit jiwa patriot ini. Diantara mereka pun juga terdapat orang yang sibuk dengan urusan sendiri. Masalahnya di sini yaitu bagaimana menumbuhkan sikap itu.
Menumbuhkan kesadaran seseoranga memang tidak mudah, untuk menumbuhkannya pun caranya tidak hanya satu, melainkan tiap orang punya cara sendiri. Jujur saya sendiri mungkin juga belum memiliki kesadaran tersebut. Sekalipun sudah memilikinya saya juga tidak bisa memastikan kalau nantinya saya sudah akan langsung bertindak. Namun yang bisa saya lakukan sekarang hanyalah mencoba menumbuhkan rasa tersebut.
Hal  yang perlu diperhatikan yaitu kita harus berusaha merombak diri sendiri terlebih dahulu baru merombak lingkungan sekitar. Tidak ada salahnya mencoba menjadi seorang patriot, malah akan menjadi kebanggaan dan kita akan mendapat kepuasan tersendiri. Tidak ada salahnya mencoba menjadi seorang patriot, malah akan menjadi kebanggaan dan kita akan mendapat kepuasan tersendiri. Siapa yang tidak ingin diandalkan dan disenangi oleh orang banyak serta masyarakat sekitar.
Saya yakin suatu saat nanti akan muncul seorang patriot yang akan memecahkan kebuntuan masalah di masyarakat bangsa ini, seseorang yang akan membawa perubahan, perubahan yang tidak pernah terpikirkan oleh orang banyak sebelumnya. Perubahan yang membawa bangsa ini menjadi lebih baik. Memang tidak diketahui kapan hal tersebut akan terjadi. Akankah kita menyaksikan tokoh tersebut hadir di masyarakat ? Ataukah tokoh tersebut adalah saya atau anda ?

0 komentar:

Posting Komentar