LKMM Pra TD IV FTIF !!! I LOVE YOU !!!

on Minggu, 11 Desember 2011


Pada 11 Desember yang lalu telah dilaksanakan serangakaian pelatihan bagi para mahasiswa baru Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, pelatihan tersebut yaitu Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Pra Tingkat Dasar (LKMM Pra TD) yang ke IV oleh FTIf. LKMM Pra TD kali ini mengambil tema tentang PATRIOT, kepanjangannya adalah Prestatif, Aktif, Tanggap, kRItis, visiOner, dan Tanggung jawab.

Kegiatan ini dibuka pada tanggal 26 Nopember 2011. Pada hari itu para mahasiswa dibagi secara acak menjadi 13 kelas. Lalu dilanjutkan dengan berbagai kegiatan outbond yang tujuannya lebih mengakrabkan para peserta yang pada awalnya berbeda jurusan, yaitu Teknik Informatika dan Sistim Informasi. Outbond yang dilakukan contohnya tiap kelas harus membentuk sebuah objek semirip mungkin dari seutas tali, memasukkan jarum ke dalam botol dengan mata tertutup, dll.
Kegiatan kemudian dilanjutkan 2 minggu setelahnya, yaitu pada tanggal 10 Desember. Kali ini para mahasiswa
mendapatkan materi-materi yang diberikan oleh pembicara-pembicara yang interaktif tentunya. Materi diberikan per kelas dan dengan pembicara yang berbeda-beda. Pada acara pemberian materi ini para mahasiswa tetap terlihat aktif mulai dari pagi, mereka terlihat fokus dan juga memberikan feed back pada pemberi materi. Tentunya agar tidak membosankan pada materi atau pergantian materi para mahasiswa diajak untuk bermain game yang tentunya menarik dan dapat menghilangkan kejenuhan. Materi-materi yang diberikan pada hari tersebut ada 6, yaitu analisis tema, perspsi, logika berpikir, mendengar aktif, dan bicara efektif. Tujuannya yaitu agar para mahasiswa ini nantinya dapat berkomunikasi dengan baik serta berpikir kritis dan solutif. Lalu materi terakhir ditutup dengan  A.K.U alias Ambisi, Kenyataan, dan Usaha.
Pada hari pemberian materi kedua para mahasiswa juga masih tetap semangat untuk mendapatkan meteri. Materi tersebut adalah S.R.K (Sasaran, Risiko, dan Konsekuensi) yang diharapkan bersama dengan pemahaman meteri tentang A.K.U. dapat membuat mahasiswa memahami potensi diri dan berpola pikir prestatif dalam sehari-hari. Selanjutnya materi pengenalan diri, pengembangan diri, serta pribadi dan organisasi. Materi tersebut bertujuan agar para mahasiswa dapat memanajemen waktu serta memikili visi dan misi serta mampu dan berani mewujudkannya.
Setelah pemberian materi para mahasiswa ini diberi kesempatan untuk melakukan simulasi total. Para mahasiswa diminta untuk membentuk huruf FTIf di lapangan. Memang memakan waktu sekitar setangah jam namun mereka dapat melakukannya. Akhirnya sampailah pada penghujung acara. Pada akhir acara diperlihatkan video yang berisikan foto-foto kegiatan yang telah dilakukan sejak pembukaan pada tanggal 26 Nopember hingga penutupan, selain itu juga terdapat testimoni dari peserta. Setelah itu diumumkanlah peserta teraktif dari tiap kelas dan pembuat essay terbaik untuk diberikan apresiasi. Kemudian acara ditutup oleh pres bem FTIf.
Dengan selesainya serangkaian kegiatan LKMM Pra TD ini diharapkan mahasiswa dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan juga mereka ini dapat memiliki sikap yang menjadi tema LKMM kali ini, yaitu bersikap PATRIOT.

Sekian reportasenya . . .

Vivat FTIf !!!
Hidup FTIf !!!
Maju FTIf !!!
ITS Jaya !!!

FTIf !!!
I LOVE YOU !!!

2 komentar:

Sondang Stevani Loupatty mengatakan...

Nice post! ;)

Jangan lupa visit : http://sondangstevani.blogspot.com

Unknown mengatakan...

Dasar Sondang . . .
Malah promosi . . .
:D

Posting Komentar